Home » Info » Akses Internet adalah Hak Asasi Manusia?

Akses Internet adalah Hak Asasi Manusia?

9 Mar. 2010128 comments
Akses Internet adalah Hak Asasi Manusia?

Setujukah Anda jika mengakses internet disebut sebagai hak asasi manusia? Lebih dari 80 persen dari dunia percaya bahwa akses ke internet adalah hak dasar. Satu dari empat orang di dunia percaya bahwa akses internet termasuk hak asasi manusia.

Itulah yang terungkap dari sebuah poling yang digelar GlobeScan. Poling tersebut melibatkan lebih dari 27 ribu responden di 26 negara. Hasilnya, mayoritas responden setuju bahwa akses internet merupakan hak asasi manusia. Sekitar 78 persen responden percaya bahwa internet memberi mereka kebebasan yang lebih luas dan 9 dari 10 responden percaya bahwa internet adalah tempat yang bagus untuk belajar.

Mayoritas responden di Amerika Serikat percaya bahwa internet adalah sumber kebebasan terbesar sehingga mereka pun percaya diri ‘bersuara’ di internet. Sebaliknya, 65 persen responden di Jepang mengaku tidak nyaman menyampaikan pandangan pribadinya lewat dunia maya. Demikian pula dengan responden di Perancis, Jerman, Korea Selatan serta China.

Separuh responden setuju bahwa semestinya internet terbebas dari campur tangan pemerintah. Ini diungkapkan oleh responden di Korea Selatan, Nigeria dan Meksiko. Sementara responden di Pakistan, Turki dan China berpendapat sebaliknya.

Sedangkan menurut jajak pendapat BBC World Service menunjukkan lebih dari 27.000 orang dewasa di 26 negara berpikir itu harus dilihat sebagai komoditi dasar seperti makanan, air dan episode baru. Negara-negara seperti Finlandia dan Estonia telah memutuskan bahwa akses adalah hak asasi manusia bagi warga negara mereka dan PBB juga mendorong universal akses jaringan.

Dr Hamadoun Toure, sekretaris jenderal International Telecommunication Union (ITU), mengatakan kepada BBC News bahwa hak untuk berkomunikasi tidak dapat diabaikan karena merupakan sumber potensi paling kuat pencerahan yang pernah dibuat. Dia menambahkan bahwa pemerintah harus “menganggap internet sebagai infrastruktur dasar – seperti jalan, limbah dan air.

Namun beberapa negara mendukung pemerintah lebih terlibat dalam sensor internet. Di Inggris, misalnya, 55 persen percaya bahwa ada suatu kasus untuk beberapa peraturan pemerintah mengenai internet, sesuatu yang setuju dengan cina. Korea Selatan dan Nigeria merasa bahwa pemerintah tidak boleh terlibat dalam regulasi internet.

“Hak untuk berkomunikasi tidak bisa diabaikan. Internet adalah sumber potensial untuk pencerahan yang pernah ada. Semestinya pemerintah memikirkan internet sebagai infrastruktur dasar,” tandas Dr Hamadoun Toure, Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) seperti dilansir BBC News.

Referensi :
BBC News
Ozarksfirst
windows7forums

Mudah-mudahan artikel tentang Akses Internet adalah Hak Asasi Manusia? ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Yahoo Messenger 10 Akhirnya Datang Juga
  2. Lima Puluh Blog Paling Berpengaruh di Dunia
  3. Pengalaman Menggunakan Beberapa Jenis Koneksi Internet
  4. Jangan Posting Video Ariel, Luna Maya dan Cut Tari
  5. Add On Pemantau Gempa
  6. UU No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat
  7. Tips Mudik Lebaran Dengan Aman Dan Nyaman
  8. Alamat Palsu : Ayu Ting Ting
  9. Free Download Firefox 4 Beta 1 For Mobile
  10. Bau-bau Yang Paling Disukai Pria Dan Wanita
  1. 7-7-2010 at 07:39 | #1

    Dengan temuan itu, para pengguna internet di Indonesia tergolong ke dalam kelompok yang secara rata-rata kurang mementingkan internet dengan kemungkinan bisa hidup tanpa internet serta kurang setuju pada pendapat bahwa akses internet sebagai hak fundamental.

    Reply

  2. 7-7-2010 at 07:40 | #2

    Penipuan internet menjadi kekhwatiran utama dari para pengguna internet (44%) yang relatif lebih tinggi dibanding angka di negara-negara Asia lainnya.

    Reply

  3. 7-7-2010 at 07:40 | #3

    Dalam hal pengaturan atas internet, tak terlihat perbedaan yang signifikan antara yang setuju dan tidak setuju walau kecenderungannya lebih banyak yang setuju pada pengaturan internet.

    Reply

  4. 7-7-2010 at 07:40 | #4

    Sebanyak 21% menyatakan amat setuju untuk diatur, 30% setuju pada tingkat tertentu, 31% tidak setuju pada tingkat tertentu, dan 17% amat tidak setuju.

    Reply

  5. 8-6-2014 at 19:49 | #5

    Setuju., akses internet adalahhak asasi manusia.

    Reply

  6. 14-7-2014 at 13:09 | #6

    setuju gan, bahwa internet adalah ilmu pengetahuan yang mantap.

    Reply

Comment pages
1 8 9 101743
0+9=? (Wajib diisi)