Home » Info » Lain-lain » “Air”, Tema Global “Blog Action Day 2010”

“Air”, Tema Global “Blog Action Day 2010”

15 Oct. 201078 comments
“Air”, Tema Global “Blog Action Day 2010”

Blog Action Day 2010Blog Action Day merupakan acara tahunan yang bertujuan mengajak, memotivasi dan mendorong para blogger di seluruh dunia untuk membuat postingan dengan tema yang sama pada hari yang sama. Blog Action Day, dicetuskan oleh Collis & Cyan Ta’eed pada tahun 2007 dan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober setiap tahunnya. Walaupun judulnya Blog Action Day, namun bagi yang tidak mempunyai blog tetap bisa berpartisipasi untuk mensukseskan moment ini  melalui komunitas online lainnya, seperti Facebook, Twitter, Forum dan lainnya agar mempunyai dampak dan spektrum yang lebih luas lagi.

Dengan Blog Action Day, diharapkan akan meningkatkan kesadaran, motivasi, mendorong dan memicu diskusi secara global tentang tema tertentu dengan harapan akan melahirkan ide-ide baru, gagasan, pemikiran, rancangan dan action yang nyata. Pada tahun ini Blog Action Day 2010, mengangkat tema global tentang “Air Bersih”.

Air dan Kehidupan

Air adalah zat atau materi atau unsur yang sangat penting bagi semua bentuk kehidupan yang ada di muka bumi ini. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (run off, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut.

Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organic untuk melakukan replikasi. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.

Bagi manusia, air bersih adalah salah satu kebutuhan utama, untuk kebutuhan: minum, mandi, cuci, dan sebagainya. Untuk air minum yang dikonsumsi haruslah air yang bersih dan bermutu baik. Untuk konsumsi air minum menurut Kementerian Kesehatan RI, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat. Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara ini. Dengan demikian air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia. Di banyak tempat di dunia termasuk Indonesia masih terjadi kekurangan persediaan air. Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan gara-gara air bisa menyulut lahirnya konflik.

Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Air

Di dalam Al Qur’an cukup banyak, ayat-ayat yang membicarakan tentang air, beberapa di antaranya adalah :

Surat Al Baqarah ayat 22 :

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya : Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu Mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Surat Al Baqarah ayat 164 :

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya : Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Al Qur’an Surat Thoha ayat 53 :

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأرْضَ مَهْدًا وَسَلَكَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلا وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْ نَبَاتٍ شَتَّى

Artinya : yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam.

Surat An Nazi’at ayat 31 :

أَخْرَجَ مِنْهَا مَاءَهَا وَمَرْعَاهَا

Artinya : Ia memancarkan daripadanya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya.

Surat Al Waqi’ah ayat  68-70 :

أَفَرَأَيْتُمُ الْمَاءَ الَّذِي تَشْرَبُونَ (٦٨) أَأَنْتُمْ أَنْزَلْتُمُوهُ مِنَ الْمُزْنِ أَمْ نَحْنُ الْمُنْزِلُونَ (٦٩) لَوْ نَشَاءُ جَعَلْنَاهُ أُجَاجًا فَلَوْلا تَشْكُرُونَ (٧٠

68. Maka Terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum.
69. kamukah yang menurunkannya atau kamikah yang menurunkannya?
70. kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan Dia asin, Maka Mengapakah kamu tidak bersyukur?

Surat al-Mursalat ayat 27 :

وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ شَامِخَاتٍ وَأَسْقَيْنَاكُمْ مَاءً فُرَاتًا

Artinya : dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?

Surat An-Nahl ayat 10 :

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لَكُمْ مِنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Artinya : Dia-lah, yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.

Surat Fushilat ayat 39 :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنَّكَ تَرَى الأرْضَ خَاشِعَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ إِنَّ الَّذِي أَحْيَاهَا لَمُحْيِي الْمَوْتَى إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya : dan di antara tanda-tanda-Nya (ialah) bahwa kau Lihat bumi kering dan gersang, Maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan yang menghidupkannya, pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Surat al-Furqan ayat 48 :

…………… وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا

Artinya : …… dan Kami turunkan dari langit air yang Amat bersih,

Dari beberapa ayat di atas, pentingnya air serta akibat praktis dari adanya air terhadap tanah, ekosistem dan kesuburan tanah, sangat ditonjolkan. Di negeri-negeri bersahara, padang pasir yang gersang dan tandus, air mempunyai peranan yang sangat vital dan begitu didambakan dan merupakan unsur nomor satu yang mempengaruhi kehidupan manusia dan lingkungan di sekitarnya. Tetapi disebutkannya hal ini di dalam Al-Qur-an melampaui keadaan geografis yang khusus, keadaan planet bumi yang kaya akan air, kelebihan-kelebihannya dalam sistem tata surya seperti yang telah dibuktikan oleh para ilmuwan memberikan kita suatu hikmah yang luar biasa. Tanpa air, bumi akan menjadi planet mati seperti bulan, dan planet lainnya.

Al-Qur’an memberi air tempat yang pertama dalam penyebutan fenomena alamiah dibandingkan bumi. Siklus air telah mendapatkan gambaran yang sangat tepat tentang proses penciptaan yang tiada henti sebagaimana Al-Qur’an menyatakan bahwa dari airlah diciptakan segala yang hidup. Jika sudah sedemikian jelasnya apakah kita pantas kalau tidak senantiasa mensyukurinya?

Mudah-mudahan masalah air tidak dianggap sebagai hal yang sederhana namun harus dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting dan urgen untuk solusi pemecahannya, apalagi masalah air bukan sekedar isu local tapi sudah menjadi isu global dan berskala international sehingga perlu perhatian dan penanganan yang serius dari semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakatnya . Mari kita action untuk menjaga alam ini tetap lestari, alami dan indah. Sungai bukan tempat membuang sampah, hutan bukan sarana untuk dieksploitasi, illegal logging de el el de el el. Mau berpartisipasi .. ?? silahkan menuju link ini Register Your Blog. Wassalam.

Referensi :

  • Al Qur’an dan Terjemahnya – Departemen Agama RI
  • http://blogactionday.change.org/
  • Pengantar Pengolahan Air – Program Studi Teknik Lingkungan ITB
    BIBEL, QUR-AN, dan Sains Modern – Dr. Maurice Bucaille, Penerbit Bulan Bintang, 1979
    Wikipedia
  • Konsep Air Dalam Al-Quran-Nasrah, Program Studi Pengkajian Al-Quran, UIN Medan 2005.
Mudah-mudahan artikel tentang “Air”, Tema Global “Blog Action Day 2010” ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Yahoo Messenger 10 Akhirnya Datang Juga
  2. Melihat Ibadah Haji Lewat Streaming YouTube
  3. Cara Mencegah Osteoporosis
  4. Jangan Posting Video Ariel, Luna Maya dan Cut Tari
  5. Cara Setting GPRS XL Via SMS Dan Manual
  6. Kedahsyatan Speed IM2 Broom Unlimited
  7. Pengalaman Menggunakan Beberapa Jenis Koneksi Internet
  8. Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya
  9. Bing Maps Tantang Google Maps
  10. Free Emoticons For You
  1. 7-4-2011 at 16:40 | #1

    tapi air juga bs menjadi ancaman yg sangat bahaya

    Reply

Comment pages
1 2 32084
4+7=? (Wajib diisi)